Apa perbedaan taufiq hidayah maunah dan karamah ?

Apa perbedaan taufiq hidayah maunah dan karamah

Sering kita dengar istilah taufiq,hidayah,ma’unah,karamah,apa perbedaan semua itu? Apakah hidayah juga terdapat pada orang islam (misal,jahat kemudian insaf) atau hanya orang kafir masuk islam?

Apa perbedaan taufiq hidayah maunah dan karamah
asyiqazhad.blogspot.com

JawabanHidayah adalah ucapan yang bersifat umum untuk segenap makhluk (untuk orang mukmin dan kafir).sedangkan hidayah itu terus menerus bersama dengan orang mukmin hingga mereka bertemu dengan Rabbul a’lamin. Oleh karena itulah kita senantiasa berkata dan membaca dalam setiap shalat kita “ihdinash shiratahal mustaqim” (ya allah,tunjukilah kami ke jalan yang lurus), dan kita tidak pernah merasa cukup darinya.)

Taufiq adalah anugerah rabbani,dan satu bagian dari hidayah secara umum yang senantiasa dibutuhkan oleh setiap orang mukmin dan selain mereka.

Ma’unah adalah pertolongan Allah kepada hamba-hambaNya dengan kelembutan perintahNya saat sang hamba membutuhkannya. Ma’unah terikat kuat dengan taufik Allah ta’ala, dan ini bersifat umum dalam segenap makhluk.

Karamah adalah bentuk pemuliaan Allah ta’ala kepada hamba-hambaNya yang mukmin saja, diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada mereka saat kebutuhan yang sangat mendesak yang dengannya Allah ta’ala menghilangkan dari mereka kesukaran,kesulitan dan semacamnya.ini termasuk satu bentuk hidayah,taufik dan ma’unah yang tertinggi. Tetapi ini khusus bagi kaum mukmin saja. Wallahu a’alam

Sumber : Qiblati edisi 07/III,april 2008 M/Rabi’ul Awwal-Rabi’uts Tsani 1429 H h.50
terima kasih telah membaca artikel ini tentang "Apa perbedaan taufiq hidayah maunah dan karamah"

baca juga

Tidak ada komentar: