Bersampo saat mandi junub

1.       Bolehkah mandi junub menggunakan shampo dan sabun yang mana tujuannya agar lebih bersih dan untukmembantu agar yakin bahwa air telah merata ke seluruh bagian tubuh?

2.       Sahkah mandi seseorang yanghanya berniat mandi junub (niat menghilangkan hadast besar) kemudian meratakanair keseluruh kulit dan rambut (seperi mandi biasa) tanpa berwudhu terlebihdahulu ?

Jawaban
Mandi junub menggunakan shampo dan sabun yang mana tujuannya agar lebih bersih serta meratakan keseluruh badan dibolehkan dalam syariat bahkan bisa menjadi sunnah, nabi mandi juga menggunakan daun pohon bidara (sidr) yang tujuannya agar lebih bersih dan wangi,maka itu lebih dianjurkan lagi. Yang terpenting dalam penggunaan shampo dan sabun tidak bertentangan dengan syariat mandi junub.

Mandi junub dengan meratakan air keseluruh badan tanpa diawali dengan berwudhu itu pun sah juga. Sebagai mana dalam hadits Nabi dari ummu Salamah radhiallahu anha ketika beliau bertanya kepada Rasullullah shallallahu alahi wassalm tentang mandi junub, Rasulullah shallallahu alahi wassalam  menjawab:

إنَّمَا يَكْفِيْكِ أَنْ تَحْثِي عَلَى رَأْسِكَ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ مِنْ مَاءٍ ثُمَّ تَفِيْضِيْ عَلَى سَائِرِ جَسَدِكِ مِنَ المَاءِ فَإِذَا أَنْتَ قَدْ طَهُرْتِ
“Kamu cukup menuangkan air diatas kepalamu sebanyak 3 kali kemudian setelah itu menyirami seluruh badanmu dengan air, dengan demikian berarti kamu sudah suci. (HR.Imam Ahmad dan dishahihkan oleh syeikh al-Albani dalam Shahih Jami no.2385)
Bersampo saat mandi junub

Dalam hadist ini tidak dijelaskan kewajiban berwudhu sebelum mandi. Berdasarkan ini diketahui bahwa berwudhu sebelum mandi itu hukumnya sunnah.

Bahkan cara ini juga biasa dilakukan oleh Nabi shallallahu alahi wassalam, karena itu ketika beliau ditanya tentang tata cara mandi janabah, beliau menjawab:
أمَّا أَنَا فَأُفِيْضُ عَلَى رَأْسىِ ثَلاَثًا
adapun aku, maka aku cukup menyiramkan air dari atas kepalaku sebanyak 3 kali”. (Muttafaqun ‘alahi)

baca juga: hukum multi level marketing

Sumber: majalah As-sunnah edisi 01/Thn XVII, ditulis ulang dan gaya penulisan oleh admin
terima kasih telah membaca artikel ini tentang "Bersampo saat mandi junub"

Tidak ada komentar: