Ikut shalat 'IED di masjid ataukah yang di lapangan?

Pertanyaan

Ditempat saya, shalat Ied dilaksanakan dimasjid sedangkan sunnahnya dilaksanakan di lapangan. Apakah lebih baik megikuti shalat di lapangan atau tetap di masjid? Padahal shalat di lapangan tempatnya jauh.

Jawaban
Jika pertanyaan mana yang lebih baik maka jawabanya adalah lebih baik shalat di lapangan. Karena Rasullullah ` juga melakukannnya di lapangan. Shahabat Ibnu Abbas z meriwayatakan:

عن ابن عبّاس أنّ رسول الله خرج يوم أضحى أو فطر فصلّى ركعتين لم يصلّ قبلها ولا بعدها
Dari Ibnu Abbas z bahwa Nabi  ` pada saat idul fitri/ idul adha keluar (menuju lapangan), lalu beliau mendirikan shalat 'Ied sebanyak 2 rakaat, dan Beliau  ` tidak melakukan shalat lain sebelum dan sesudahnya. (Riwayat Muslim, no.884)

Walau demikian, ulama menjelaskan bahwa jika masyarakat melaksanakan shalat Ied di masjid , maka tidak mengapa bagi kita melaksanakan shalat Ied di masjid pula, mengingat pelaksanaan shalat Ied di lapangan adalah sunnah , dengan demikian pelaksanaan shalat Ied di masjid tetap sah, walaupun kurang utama.
Mendirikan shalat Ied bersama masyarakat juga dapat mewujudkan hikmah dari disyariatkannya shalat Ied, yaitu mempererat persatuan umat, dan dengan cara ini masyarakat selamat dari hal-hal yang dapat menimbulkan keresahan.

Namun jika masyarakat setempat tidak mempermasalah hal ini, seperti masyarakat perkotaan yang memberikan kebebasan kepada para warganya untuk ikut melaksanakan shalat di masjid atau di lapangan terdekat atau lapangan yang masih bisa di jangkau, maka tentu shalat di lapangan lebih baik. Oleh karena itu, sangat disarankan kepada seluruh umat islam secara umum dan kepada penanya khususnya untuk menyesuaikan kondisinya dan kondisi masyarakat sekitarnya. Wallahu a'lam

Sumber majalah As-sunnah edisi khusus (03-04) tahun XVI
Tag : shalat
0 Komentar untuk "Ikut shalat 'IED di masjid ataukah yang di lapangan?"
Back To Top