Menolong non muslim dan mengkonsumsi makanan mereka

1. Apakah mendapatkan pahala dari ALLAH ta’ala ketika seorang non muslim dijalan meminta tolong untuk diantarkan ketempat tujuannya?

2. Bolehkah mengkonsumsi makanan yang dibuat oleh orang kafir/non muslim.

jawaban
1.      Dianjurkan utuk tidak ragu dalam menolong non muslim yang patut untuk ditolong.in sya allah akan mendapatkan pahala karena menaati ALLAH ta’ala untuk menolong orang yang memang kita diperintahkan untuk menolong mereka.ALLAH ta’ala berfirman:

baca juga: potret negeri wahabi

لاينهاكم الله عن الذين ولم يخرجوكم من دياركم أن تبروهم وتقسطوا إليهم إنّ الله يحب المقسطين (الممتحنة : 8)
“Allah tidak pernah melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negeri kamu.sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (Q.S. al-mumtahanah : 8)


2. makanan yang dibuat oleh orang kafir/non muslim sepanjang tidak terbuat dari unsur-unsur dan dengan cara yang diharamkan maka boleh mengkonsumsinya, karena kenajisan orang kafir bersifat maknawiyah bukan hissiyah (bukan fisik).wallahu a’lam

baca juga: bagaimana menjaga jantung sehat

sumber majalah qiblati

donasi anda membantu eksisnya blog dakwah kami ini, kirim ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama atri yuanda

Tidak ada komentar: