Membagi makanan saat belajar

Pertanyaan

Apakah termasuk hal yang dibenci mengedarkan makanan atau minuman disaat ta’lim atau belajar , selain khutbah

Jawaban

Selama ini kami tidak mengetahui larangan mengedarkan makan di tengah ta’lim atau pengajian yang sedang berlangsung, kecuali ketika khotib sholat jum’at sedang berkhotbah. Kita tidak boleh mengatakan sesuatu itu hukumnya haram atau makhruh kecuali ada dasar dari al-qur’an atau Sunnah. Kalau demikian, berarti asal hukum perkara yang ditanyakan adalah dibolehkan kecuali apabila hal itu menimbulkan sesuatu yang dilarang seperti keributan atau memalingkan para pendengar dari apa yang disampaikan oleh pembicara, lebih-lebih apabila yang disampaikan adalah ayat-ayat allah U, maka ini semua dilarang.

Allah U memerintahkan manusia untuk mendengarkan ayat-ayat Nya apabila sedang dibacakan, bukan ber sendau-gurau, atau menyibukkan diri dengan selainnya sebagaimana dalam firman-Nya:

وأذا قرئ القرءان فاستمعوا له, وأنصتوا لعلكم ترحم
Apabila dibacakan al-qur’an, maka dengarkan, dan perhatikan dengan baik supaya kamu mendapatkan rahmat-Nya (QS. Al-A’rof [7]: 204)

Atau apabila disuatu lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat peraturan tersebut (dilarang makan ketika belajar-mengajar), maka seorang yang masuk lembaga ini wajib mematuhi aturan karena Nabi r bersabda:

المسلمون على شروطهم إلا شرطً حرّم حلالاً أو أحل حراماً
Kaum muslimin harus sesuai (menepati) syarat mereka, kecuali syarat yang mengharamkan perkara halal, atau syarat yang menghalalkan perkara yang haram (HR. At-tirmidzi 1354, dan dishohihkan oleh syaikh al-Albani rahimahullah dalam Misykat al-Mashobih 292)

Sumber majalah al-furqon edisi 8 tahun VII
Tag : adab
0 Komentar untuk "Membagi makanan saat belajar"
Back To Top